Beranda > Artikel > Piala Eropa Bebas Rokok, Promosi pun Dilarang

Piala Eropa Bebas Rokok, Promosi pun Dilarang

Ratusan ribu suporter dari berbagai belahan dunia harus menahan diri untuk tidak merokok selama menonton langsung laga-laga Euro 2012 di stadion yang berada di Polandia-Ukraina. Kalau tidak, maka mereka harus siap-siap mendapatkan sanksi.

Badan tertinggi sepak bola Eropa, UEFA, menerapkan aturan tegas dengan melarang suporter merokok di seluruh stadion selama dilangsungkannya Euro 2012. Bahkan bukan sekadar menghisap saja, mempromosikan atau menjual rokok juga tidak boleh.

Larangan yang mulai diumumkan musim panas lalu tersebut, berlaku bagi semua orang yang ada di kawasan stadion, baik di bagian dalam atau luar. Kebijakan bebas rokok atau tembakau tersebut diterapkan bersama Badan Kesehatan Dunia (WHO), Federasi Kesehatan Dunia, European Heatlthy Stadia Network, Komite Lokal (LOCs) di Polandia-Ukraina serta kelompok kesehatan lokal lainnya. Aturan ini sekaligus bagian dari kampanye program UEFA’s Respect, selain program bertukar jersey dan kegiatan sosial lainnya.

“Euro 2012 menjadi magnet untuk jutaan penonton dan suporter, jadi kami kirimkan pesan kuat,” urai Komisaris Euro yang bertanggung jawab dalam bidang olahraga, Androulla Vassiliou, seperti dilansir uefa.com, Senin (18/6).

“Program Bebas-Rokok Euro 2012 disiapkan sebagai standar event lain di seluruh benua. Sepak bola dan olahraga adalah tentang kesehatan dan penampilan, dan rokok adalah kebalikannya. Jadi jangan dicampur-adukkan,” lanjut Vassiliou.

Sejak UEFA mengumumkan larangan ini, parlemen Ukraina telah menyutujui undang-undang larangan merokok di tempat umum. Termasuk restoran, stadion dan kantor pemerintahan. Alhasil, perokok yang ikut datang langsung ke Polandia-Ukraina harus siap-siap berpuasa dahulu. (JIBI/nel)

sumber

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s