Beranda > Artikel > Jadikan Stop Merokok untuk Resolusi Sehat di Awal Tahun 2012

Jadikan Stop Merokok untuk Resolusi Sehat di Awal Tahun 2012

Keinginan berhenti merokok kadang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Terbukti 6 dari 10 perokok membutuhkan beberapa upaya sebelum berhasil menghentikan kebiasaan merokok. Dengan mempersiapkan rencana berhenti merokok sebaik mungkin bisa meningkatkan peluang kesuksesan rencana tersebut.

“Berhenti merokok adalah langkah tunggal paling penting yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan perokok. Awal tahun baru adalah waktu yang tepat bagi perokok untuk melaksanakan rencana berhenti merokok dan menuai keuntungan kesehatan dari gaya hidup bebas rokok,” kata Dr Norman Edelman, kepala medis dari asosiasi paru-paru seperti dikutip dari MSNHealth, Selasa (27/12/2011).

Berikut adalah beberapa tips yang telah terbukti dapat membantu ribuan orang berhenti merokok menurut American Lung Association antara lain:

1. Pilih hari dimana akan berhenti merokok selama beberapa minggu dan tandai di kalender
Cobalah untuk memilih satu hari berhenti merokok ketika sedang tidak berada di bawah banyak tekanan atau stres.

2. Lakukan olahraga berjalan setiap hari
Hal ini akan membantu meningkatkan energi dan suasana hati, serta membantu mencegah penambahan berat badan. Berjalan adalah cara yang ideal untuk mengurangi stres karena berhenti merokok. Makan dengan diet seimbang juga sangat perlu, minum banyak air, dan mendapatkan tidur yang cukup.

3. Mintalah dukungan dari keluarga, teman dan rekan kerja, serta mempertimbangkan untuk bergabung dengan program berhenti merokok sehingga akan dapat sangat membantu.

4. Pilih jenis perawatan
Berbagai jenis perawatan, seperti obat resep dan obat yang tersedia di pasaran dapat untuk membantu orang berhenti merokok. Berkonsultasilah dengan dokter atau kunjungi situs American Association Lung.

Banyak perokok yang tergantung dengan efek positif dari nikotin seperti meningkatkan suasana hati, meningkatkan memori jangka pendek, dan konsentrasi. Tapi ada banyak alasan untuk berhenti menggunakan tembakau.

Dengan mengetahui risiko kesehatan yang serius dapat membantu memotivasi untuk berhenti merokok. Ketika digunakan dalam jangka panjang, tembakau dan bahan kimia yang terkait seperti tar dan nikotin dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh rokok, antara lain:

1. Masalah jantung dan pembuluh darah:
a. Gumpalan darah dan aneurisma di otak, yang dapat menyebabkan stroke
b. Gumpalan darah di kaki, yang mungkin dapat berjalan ke paru-paru
c. Penyakit arteri koroner, termasuk serangan angina dan jantung
d. Tekanan darah tinggi
e. Kurangnya suplai darah ke kaki
f. Masalah dengan ereksi karena penurunan aliran darah ke penis

2. Kanker
Terutama di paru-paru, laring mulut, kerongkongan, kandung kemih, ginjal, pankreas, dan leher rahim.

3. Penyembuhan luka yang buruk
Terutama yang terjadi setelah pembedahan.

4. Masalah paru
Masalah paru dapat seperti emfisema dan bronkitis kronis, atau asma yang lebih sulit untuk dikendalikan.

5. Masalah selama kehamilan
Masalah selama kehamilan dapat seperti bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah, persalinan prematur, keguguran, dan bibir sumbing

6. Risiko atau masalah kesehatan lain, antara lain:
a. Penurunan kemampuan untuk rasa dan bau
b. Ketidaksuburan
c. Kehilangan penglihatan akibat peningkatan risiko degenerasi makula
d. Gigi dan penyakit gusi
e. Kulit keriput

sumber

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s