Beranda > Artikel > Jarang Olahraga, Merokok dan Stres Menimbulkan Tekanan Darah Tinggi

Jarang Olahraga, Merokok dan Stres Menimbulkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi memiliki gejala yang banyak orang tanpa mengetahuinya. Secara medis dikenal sebagai hipertensi, terjadi karena berlebih asupan garam, kurang olahraga, merokok dan stres.

Mengutip Dailymail, tekanan darah mengukur seberapa kuat menekan darah terhadap dinding arteri saat darah dipompa ke seluruh tubuh dengan hati. Jika tekanan darah tinggi tidak diobati dapat menyebabkan penyakit, termasuk stroke dan penyakit jantung

Sebagai penyebab obesitas juga, biasanya tekanan darah tinggi terjadi karena pengaruh faktor usia yang menua, asupan garam yang tinggi, kurang olahraga, merokok dan stres.

Perempuan obesitas atau kelebihan berat badan, berisiko lebih besar terkena tekanan darah tinggi. Berbeda sebaliknya dengan pria obesitas.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, menurut peneliti Universitas California gadis remaja obesitas, tercatat sembilan kali lebih mungkin terkena darah tinggi, atau yang dikenal ‘silent killer’, dibandingkan dengan rekan pria seusianya.

Sedangkan anak laki-laki yang kelebihan berat badan 3,5 kali, lebih mungkin terkena tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan berat badan normal.

Studi terhadap lebih dari 1.700 remaja berusia 13 sampai 17 tahun mengungkapkan, obesitas berdampak lebih besar pada tekanan darah anak-anak perempuan daripada anak lekaki.

Jika tidak diobati secapatnya, tekanan ekstra pada arteri tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal.

sumber

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s