Beranda > Artikel > Layanan Gratis untuk Berhenti Merokok

Layanan Gratis untuk Berhenti Merokok

Klinik Berhenti Merokok (KBM) di Kota Solo, Jawa Tengah, memberi layanan gratis mulai dari pemeriksaan, konsultasi dokter, hingga obat-obatan kepada seseorang yang ingin menghentikan kebiasaan merokok. Klinik ini tersebar di empat puskesmas, yakni Puskesmas Nusukan, Penumping, Purwodiningratan, dan Kratonan.

Pasien yang datang ke KBM terlebih dahulu akan diperiksa fungsi paru-parunya oleh spirometri dan kadar CO dalam darah. Zat CO adalah racun dalam rokok. Setelah itu, pasien akan berkonsultasi dengan dokter.

“Di sini kami tanyakan, riwayat merokoknya. Apakah pernah mencoba berhenti merokok dan apa kendalanya. Biasanya pasien sendiri yang menyatakan kapan akan mulai mengurangi atau berhenti merokok,” kata koordinator tim KBM Puskesmas Purwodiningratan dr Andreas Budi Santoso, Rabu (16/11/2011).

Jika diperlukan, menurut Andreas, pasien akan diberi obat-obatan untuk mengatasi keluhan yang muncul saat mengurangi atau menghentikan merokoknya, seperti mulut pahit, gelisah, atau pusing. Obat-obatan ini diharapkan efektif membantu perokok menghentikan kebiasaan merokoknya. “Semua layanan ini gratis dibiayai Pemkot Solo,” kata Andreas.

sumber

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s