Beranda > Artikel > Resiko Rokok yang Harus Anda Ketahui

Resiko Rokok yang Harus Anda Ketahui

Berbagai himbauan dan saran telah sering kita dengar agar masyarakat berhenti merokok. Hingga para perokok pun banyak yang sudah menghafalnya. Baik arahan medis, papan peringatan, bahkan fatwa ulama sekalipun. Akan tetapi hasilnya belum bisa memenuhi target.

Landasan utama yang seharusnya kita berpijak diatasnya adalah tuntunan agama. Dimana Dienul Islam tidak menghendaki ummatnya melakukan sesuatu yang merugikan dirinya sendiri. Bahkan menimbulkan madhorot yang lebih buruk. Sedangkan hal lain yang harus kita ketahui yaitu:

1. Perokok mengalami resiko gangguan pendengaran sebesar 70%  dibandingkan orang yang tidak merokok.

2. Merokok setiap hari menimbulkan efek resiko psoriasis. Semakin tinggi asap rokok yang dihisab setiap hari (lebih dari 20 asap rokok perhari), semakin besar pulsa resiko yang ditimbulkan.

Psoriasis adalah sejenis penyakit kulit yang penderita nya mengalami proses pergantian (kulit) yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit ini kadang-kadang dalam jangka waktu lama atau kambuhan dalam waktu yang tidak menentu. Penyakit ini secara klinis bersifat tidak mengancam jiwa dan tidak MENULAR. Akan tetapi, penyakit ini dapat muncul pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup dan mengganggu kekuatan mental penderita bila tidak dirawat dengan baik.

3. Aktifitas merokok akan menghambat sirkulasi darah, terutama di jari-jari tangan dan kaki pada orang-orang yang sedang mengalami stress.

4. Rokok dan kopi adalah sebuah kombinasi yang mampu menciptakan “silent killer” paling efisien dan efektif pada serangan jantung. Ketika pembuluh darah rusak dan menjadi tersumbat akibat zat racun dari rokok, kafein di kopi membuat aliran darah semakin cepat yang membuat penyumbatan semakin cepat.

Setidaknya beberapa hal di atas mampu menyadarkan kita kembali akan dahsyatnya bahaya merokok.  Untuk itu, mulai dari sekarang hidup sehat! tanpa rokok!

Dinukil dari tulisan dr. Indiradewi Hestiningsih

Sumber: http://bit.ly/mt7sxC

Kategori:Artikel Tag:, ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s