Beranda > Artikel > Dr Mukhtar Ikhsan: Rokok Penyebab Penyakit Ganas Mematikan Tetapi Digemari

Dr Mukhtar Ikhsan: Rokok Penyebab Penyakit Ganas Mematikan Tetapi Digemari

 

(Jakarta, MADINA): Ramai-ramai soal larangan merokok baik yang terapkan Pemda DKI sampai Fatwa Haram Rokok yang diberlakukan MUI Sumatera Utara menimbulkan banyak pro dan kontra. Pemda DKI melarang merokok disembarangan tempat yang dianggap mengganggu masyarakat umum. Sementara MUI Pusat belum mengeluarkan Fatwa apa-apa soal rokok. Berkaitan dengan hal tersebut pecan lalu Majelis Ulama Indonesia (MUI Pusat) bekerjasama dengan Pengurus PWI Jaya Koordinatoriat Departemen Agama melakukan Seminar berwacana  Haram Rokok yang hasilnya akan dibawa dalam Sidang Fatwa MUI Seluruh Indonesia yang diperkirakan berlangsung pada Bulan Januari 2009 yang akan datang.
Seminar tersebut menampilkan pembicara dr Mukhtar Ikhsan Spesialis Paru RSCM/ RS Persahabatan dan Ketua MUI KH Ma’ruf Amin dan diikuti  100 peserta undangan, utamanya para Wartawan yang biasanya ngepos dilingkungan Departemen Agama, Perdagangan, Kesehatan dan Pertanian serta Asosiasi Perusahaan Rokok di  Indonesia belum lama ini di MUI Jakarta.

Dalam paparannya dr Mukhtar Ikhsan mengatakan penggemar menghisap rokok seluruh dunia kini mencapai 1,26 milayar orang. Sedangkan di Inndonesia menurun data terakhir survey  penghisap rokok pria  mencapai  52,9 % dan wanita, 13,2%.  Konsumsi rokok tahun 2006 di Indonesia sekitar 2015 milyar batang. Pertumbuhannya pertahun sekitar 44%. Alasan merokok di Indonesia bermacam-macam, karena mencari jati dirinya, atau satu orang dalam satu grup  yang lain merokok dia tidak merokok  seolah-olah mereka bukan bagian dari kelompok itu. Ada pula yang beralasan untuk mengurangi stress atau diajak teman, pengaruh lingkungan dan karena tertarik oleh iklan.

Di sebagian negara lain, kata Mukhtar Ikhsan,  kalau mau membeli rokok hasrus menggunakan KTP, umur kurang dari 18 tahun tidak boleh membeli rokok. Sementara di Indonesia  membeli kadang-kadang bapaknya malah menyuruh anaknya yang dibawah umur untuk membeli rokok dan beli satu batang rokokpun boleh. Ini adalah hal-hal yang mempermudah orang banyak merokok.

Dikatakan menurut servei satu batang rokok akan memotong kehidupan kita selama 5 menit. Rokok mengandung sekitar 4.000  bahan kimia. Satu dari empat orang yang berpenyakit jantung  adalah akibat dari rokok. Empat orang penderita brinkitis kronis  tiga akibat rokok.  Setiap hari ada 15 milyar  rokok yang dijual diseluruh dunia .

Sebab kematian  di seluruh dunia 10% akibat rokok. Pada tahun  2000 ada 3,5 juta  kematian akibat rokok pertahun. Data-data di Amerikat Serikat menunjukkan bahwa  kematian akibat rokok  lebih besar dari pada  akibat pecandu-pencandu obat dan akibat kematian lainnya.  Kematian akibat tembakau di Amerika Sertikat merupakan rengking yang paling tinggi .

Mengapa rokok itu berbahaya? Karena rokok mengandung  sekitar 4000 bahan kimia yang terdiri dari komponen padat maupun komponen gas. Ada beberapa zat yang paling menonjol pada rook adalah  nekotin. Nekotin merupakan penyebab terjadinya ketagihan  maupun ketergantungan. Ada juga zat yang namanya TAR  yang menyebabkan kanker. Efeknya adalah komulatif  makin tinggi kadar TAR-nya dan makin  lama mnghisap maka  efeknya sangat menumpuk  dan makin berbahaya.  Karena akan muncul kanker di paru-paru dan jalan napas yang lainnya. Sementara  zat nekotin menyebakan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain Nekotin dan TAR pada rokok ada Zat Aseton, Nasilamin, Metanol, Kapur Barus, Karbon Monoksida Gas Beracun seperti yang  keluar dari kenal pot, Venol bahan pembersih lantai dll. Bahan-bahan tersdebut efek komulatifnya akan merugikan kesehatan. Asap rokok setelah dihisap akan melalui saluran napas dan paru-paru. Dari sinilah asap rokok mengikuti aliran darah  keseluruh tubuh  bisa ke jantung, otak, janin dsb.

Mengapa merokok menimbulkan penyakit? Jawabnyanya  ada beberapa teori, yaitu tidak ada keseimbangan antara oksisdan dan anti oksidan. Tubuh kita sangat rentan terhadap zat-zat oksidan yang akan merusak sel-sel darah. Oleh karena itu kita dianjurkan meminum zat-zat anti oksidan yang terdapat didalam tumbuh-tumbuhan.  Merokok menimbulkan koloni bakteri di saluran napas yang mengganggu  proses yang namanaya mokosilirikliren .

Di setiap tahun hampir 80% pendetita kanker paru akibat  merokok termasuk penyakit jantung dan struk. Sedangkan untuk Ibu Hamil (Bumil) bisa menyebabkan bayi premature, berat janin bisa rendah dan bisa juga keguguran. Sementara bagi pria bisa menimbulkan epotensi, spirma menjadi lemah dll.  Akibat rokok bisa meninmbulkan banayak penmyakit dari  otak, mulut, kerongkongan, paru, jantung, lambung, usus, organ tubuh wanita maupun pria sampai ke tulang.

Sementara itu Ketua Gabungan  Perusahaan Rokok Seluruh Indonesia (GAPRINDO) Ismanu  mengatakan bahwa  soal racun itu bukan hanya terdapat pada rokok tetapi juga terdapat pada makanan lain. Oleh karena itu yang perlu dicermati adalah keseimbangan. Orang merokok tidak apa-apa dan tidak menimbulkan apa-apa pada diri si perokok selama mereka mau menjaga kesimbangan. Makan apa saja akan akan menimbulkan masalah selama makannya telalu berlebihan. Bukan itu saja, kata dia yang perlu dipikirkan kalau dilihat dari segi kehidupan, berkat adanya rokok jutaan orang dapat hidup dari sana baik petani, buruh serta  pedagang rokok. “Mereka hidup dan bisa mendidik anak-anaknya sampai sarjana juga dari rokok,” kilahnya.(sy)

Sumber: http://bit.ly/b3NUtS

 

Kategori:Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s