Beranda > Artikel > Performa Kerja Perokok Lebih Rendah Dibanding Non-Perokok

Performa Kerja Perokok Lebih Rendah Dibanding Non-Perokok

Jakarta – Ada benarnya banyak kantor melarang karyawannya merokok. Dua penelitian membuktikan kinerja karyawan yang merokok lebih rendah dari yang tidak merokok. Akibatnya, karir perokok tidak berkembang sepesat yang tidak merokok.

Peneliti menemukan fakta itu ketika memantau perkembangan karir lebih dari 5.000 wanita yang menjadi anggota Angkatan Laut AS, antara tahun 1996-1997, seperti dilansir livescience.com, Jumat (30/3/2007).

Penelitian itu membuktikan perokok aktif menunjukkan performa kerja yang lebih rendah dari yang bukan merokok. Perokok lebih cenderung berhenti bekerja sebelum menyelesaikan penugasannya. Perokok juga terlibat lebih banyak kecelakaan kerja, terkait dengan perilaku yang buruk dan menunjukkan sifat melenceng yang tinggi.

“Merokok mungkin menjadi ‘pertanda’ untuk faktor-faktor seperti tak mudah bekerja sama dan berisiko tinggi, yang kemudian menyumbang pada kinerja yang rendah di militer,” kata peneliti yang pertama kali memuat hasil penelitiannya di jurnal pengendalian tembakau itu.

Sebuah penelitian lain yang dipublikasi di jurnal yang sama juga membuktikan hal serupa. Hasil penelitian terhadap 14 ribu pekerja di Swedia pada tahun 1988-1991 mengungkap perokok mengalami sakit yang lebih lama daripada yang tidak merokok.

Perbedaan lama sakitnya, ketika dirata-ratakan, mencapai 8 hari atau 1,5 minggu kerja. Perokok membuang rata-rata 11 hari kerja karena sakit, sementara non-perokok hanya 2 atau 3 hari sakit.

Artinya, kedua penelitian itu menegaskan bahwa sebuah perkantoran selayaknya menyarankan pekerjanya berhenti merokok. Demi produktivitas dan karir si pekerja itu sendiri. Setuju? (aba/nrl)

Sumber : Arfi Bambani Amri – detikNews

Kategori:Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s